Sabtu, 14 Februari 2015

Tokoh dan Pahlawan Indonesia yang Mendunia



Ternyata para tokoh dan pahlawan Indonesia telah diakui, bahkan diabadikan sebagai nama jalan di Negara luar. Bukan tanpa alasan mereka memakai nama tokoh Indonesia, loh. Yuk, kita cek kenapa sih mereka mau mengakui para pahlawan Indonesia patut untuk dikenang.

1. Ir. Soekarno



Mantan Presiden pertama Indonesia ini, ternyata sangat dihargai di tanah Afrika, disebabkan perannya di Konferensi Asia Afrika. Terbukti dua Negara di Afrika yang mengabadikan nama Soekarno, yaitu Mesir dan Maroko. Tepatnya di kota Cairo-Mesir dan Rabat-Maroko. Selain dua Negara itu, Pakistan pun mengabadikan nama Soekarno di dua tempat, karena hubungan baiknya ketika Orde Lama, yaitu Soekarno Square Khyber Bazar di Peshawar dan Soekarno Bazar di Lahore.


2. R.A Kartini



Keberaniannya memperjuangkan emansipasi wanitalah, yang membuat R.A Kartini menjadi tokoh pahlawan wanita di Indonesia yang sangat disanjung dan selalu diingat. Selain di Negaranya sendiri, nama R.A Kartini pun diabadikan oleh Negara yang pernah menjajah tanah kelahirannya. Terbukti terdapat empat kota di Belanda yang menggunakan nama R.A kartini sebagai nama jalan, yaitu Amsterdam, Haarlem, Venlo, dan Utrecht.

3. Mohammad Hatta


Mantan Wakil Presiden pertama ini, namanya diabadikan sebagai nama jalan di kota Harleem, Belanda. Perjuangannya dilakukan untuk kemerdekaan dan kebebasan Indonesia, ketika bersekolah di Belanda.

4. Sutan Syahrir


Seorang perdana menteri pertama Indonesia ini pun namanya diabadikan di salah satu jalan di kota Leiden, Belanda.

5. Irawan Soejono



Mungkin kalian jarang mendengar nama Irawan Soejono, tetapi dia adalah seorang mahasiswa yang diakui oleh Belanda sebagai pahlawan Indonesia yang melawan Nazi. Maka, nama beliau diabadikan sebagai nama jalan di kota Amsterdam, Belanda.

Tambah banggakah kalian dengan para pahlawan Indonesia? Pahlawan yang berjuang untuk memberikan kita kebebasan dan kemerdekaan dari para penjajah. Sekarang, giliran kita yang berjuang untuk membangun bangsa dan Negara, agar jadi lebih baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar